Latest News :

Master SEO Indonesia Berkunjung Ke BLC Telkom Klaten

Posted by at Minggu, 13 Agustus 2017


 ASSALAMU'ALAIKUM

selamat sore semua ,, nah .. BLC Telkom kembali kedatangan tamu spesial yaitu Pak Cahyo Sasongko (Master PHP Indonesia) yang ditemani oleh Abu Ibrahim Ade Ermansyah (Master SEO Indonesia). Selain untuk berkunjung, satu diantara mereka yaitu sang Master SEO Indonesia melakukan sharing tentang bagaimana menaikkan rating blog di google.

Pak Abu telah sharing kepada kami siswa prakerin BLC Telkom tentang bagaimana untuk menaikkan rating blog kita agar muncul pertama di google ataupun mudah dicari hingga dipahami oleh orang lain. "Kita menulis artikel bukan hanya untuk mesin (google), melainkan juga untuk sesama manusia. Jadi, bagaimana caranya artikel kita akan mudah dipahami oleh orang", ujar beliau. Maka dari itu, beliau menyampaikan beberapa tips dan trik untuk menaikkan rating blog kita.


Dari sisi artikel yang kita buat, kita bisa melakukan beberapa hal berikut :
1. Cara kata kunci yang sedang menjadi perbincangan hangat (hot topics) atau kata yang sering dicari oleh orang.
Untuk mencari hot topics, kita bisa menggunakan Google Trends sesuai topik yanga akan diangkat. Sedangkan untuk mencari kata kunci yang sering dicari orang, kita bisa memanfaatkan Google Suggestion pada saat kita memasukkan kata yang diinginkan. Usahakan cari dengan kata yang agak panjang (minimal 3 kata atau biasa disebut long tail), karena hasil pencarian akan lebih sedikit sehingga akan lebih mudah untuk menaikkan rating artikel.
2. Mulai buat artikel.
Jika kita membicarakan google, maka akan ada dua hal utama yang saling berkaitan yaitu kata kunci dan artikel. Saat membuat artikel, disarankan kita memasukkan kata kunci pada judul hingga bagan artikel. Pada bagan artikel, maksimal kita memasukkan kata kunci sebanyak 3 yaitu pada bagian awal, tengah, dan akhir. Untuk penulisan artikelnya sendiri juga terdapat aturannya yaitu :
a. Jangan gunakan ukuran huruf/font yang terlalu kecil. Minimal berikan ukuran 12.
b. Berikan efek tebal (Bold) pada setiap kata kunci.
c. Jika terdapat gambar, silahkan masukkan kata kunci dengan cara (Image Properties - alt text). Meskipun artikel tidak naik ratingnya, setidaknya gambar kita bisa berada pada posisi teratas. Serta dengan cara tersebut, gambar kita tidak akan mudah di copy-paste orang.
erikut dokumentasinya :



Itulah berapa hal yang dapat saya tangkap dari hasil paparan Pak Abu Ibrahim Ade Ermansyah sang Master SEO Indonesia. Semoga dapat dijadikan panduan bagi Anda semua yang masih aktif di dunia blog dan juga bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih kepada :

BLC Telkom Klaten.
Suro Dhemit.
Cahyo Sasongko.

Share this Post :

0 komentar: