Latest News :

Membuat Topologi Jaringan Sederhana menggunakan Sisco Packet Tracer

Posted by at Rabu, 04 Oktober 2017

Assallamu'allaikum wr...wb...

sPada Kesempatan kali ini saya akan memposting bagaimana cara membuat topologi sederhana menggunakan sisco Packet Tracer.
Sebelum kita membuat topologinya lebih baik kita paham dulu mengenai packet tracer.
Pada kali ini saya akan membuat Topologi star.

A.Pengertian 




Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer.
Program ini dibuat oleh cisco seystem dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

B.Latar belakang 
 Latar belakang pembuatan topologi menggunakan Packet tracer ini saya akan berlatih tentang bagaimana membuat jaringan yang lebih luas,bukan hanya membuat jaringan antar ruangan. Melainkan bisa lebih ,maka saya belajar tentang packet sisco
 
C.Alat dan Bahan 
1. Laptop
2.kabel
3. pc
4.switch

D. Maksud dan Tujuan 
Tujuan saya membuat topologi ini adalah untuk belajar bagaimana membuat jaringan yang lebih luas dan bisa mengkofigurasinya dengan baik dan benar.

E.Tahap Pelaksanaan Kegiatan

1.Buka Aplikasi  Sisco Packet tracernya


2. letakan beberapa pc yang akan digunakan pada lembar kerja (dalam praktek ini saya menggunakan 5 pc ) pada menu End Device kita pilih General PC-PT.Dan juga siapkan Switch (kita pilih tipe 2950-24 )

3.hubungkan menggunakan kabel copper straight

setelah dihubungkan akan seperti dibawah ini :

4.Kemudian untuk memberi IP double click pada masing-masing pc kemudian pilih Dekstop=> IP Configuration.

5.kemudian kita Isikan IP Address-nya dan subnetmask  secara manual saja.
ingat IP Address setiap komputer harus berbeda.
contoh : Pc 1 (192.168.80.1 )
              Pc 2 (192.168.80.2 )
              Pc 3 (192.168.80.3 )
              Pc 4 (192.168.80.4 )
              Pc 5  (192.168.80.5 )
6.Setelah itu lakukan pengecekan menggunakan Terminal sisco degan cara "ping (Ip tujuan ) contoh : ping 192.168.80.1

 7.Setelah selesai di ping dan hasilnya benar, maka topologi yang kita buat akan berwarna hijau.


F.Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

Modul file:///home/septiana/Downloads/Packet%20Tracer/MODUL%20CISCO%20IDN.pdf

G.Hasil Dan Kesimpulan 
 Pembuatan ini msih sangat sederhana dan merupakan tahap pengenalan awal tentang packet sisco.Kalau ini saya sudah paham saya akan membuat yang lebih rumit dari ini .Sekian dari saya terima kasih

Share this Post :

0 komentar: