Latest News :

Drop Akses internet pada Jam tertentu

Posted by at Senin, 09 Oktober 2017


Assalamu'alaikum wr.wb , 
nah selamat sore semua , nah bertemu lagi sama jaka , nah pada kesempatan pada kali ini saya akan berbagi pengetahuan pada teman semua nah materi yang saya bawakan adalah memblokir/Drop Akses internet Pada jam tertentu , nah mari kita siamak bersama


A.Pengertian
    firewall adalah keamanan jaringan sistem yang memonitor dan mengontrol masuk dan keluar lalu lintas jaringan berdasarkan aturan keamanan yang telah di tentukan,sebuah firwall biasanya menetapkan penghalang antara jaringan internet yang aman dan jaringan lain  di luar , seperti internet yang di amsusikan tidak aman atau terpercaya , firewall sering dikategorikan sebagai ferwall jaringan 



A.Pengertian
  firewall adalah keamanan jaringan sistem yang memonitor dan mengontrol masuk dan keluar lalu lintas jaringan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditentukan.Sebuah firewall biasanya menetapkan penghalang antara dunia, jaringan internal yang aman dan jaringan lain di luar, seperti internet,yang diasumsikan tidak aman atau terpercaya.Firewall sering dikategorikan sebagai firewall jaringan atau berbasis host firewall. Jaringan firewall lalu lintas filter antara dua atau lebih jaringan; mereka baik peralatan software yang berjalan pada hardware tujuan umum, atau hardware berbasis peralatan komputer firewall.


B.Latar Belakang
  Latar belakang saya karena saya mempunyai program setiap pukul 19:00 - 07:00 internet dinonaktifkan, maka dari itu kita harus dapat melakukan konfigurasinya.
C.Maksud dan Tujuan
  Maksud dan Tujuan saya dengan dapat on/off kan internet pada jam tertentu,tentunya dapat menghemat penggunaan data internet dan menghindari pencurian bandwidth dan koneksi internet pada waktu - waktu tertentu.


D.Jangka Waktu
  Jangka waktu saya dalam konfigurasi ini sekitar 5-10 Menit


E.Alat dan Bahan
1.MikroTik
2.Koneksi Internet
3.PC atau Laptop


F.Langkah Kerja
1. Seperti biasa kita remote dulu mikrotiknya dengan winbox

2. Disini saya menginginkan koneksi wlan bahwa jam 19:00 - 07:00 otomatis diblok dan yang lain tidak.

3. lakukan konfigurasi untuk wlan dan apapun yang anda butuhkan

4. Buka IP > Firewall > Filter Rules > Klik > "[+]" 

5. Untuk konfigurasi dari jam 7 malam ke 7 pagi tidak bisa maka dari itu saya membuat 2 filter rule agar dapat saya konfigurasi 19:00-23:59 dan yang satunya 00:00-07:00.

6. Setelah Klik new pada Filter rule kita konfigurasi seperti berikut:
masuk General

- chain : forward
- src.Address : disini saya ingin memblokir akses internet client yang terhubung   dari wlan maka dari itu saya isikan network dari wlan.
- protocol : pilih tcp
- dst.port : pilih 80,443
7. Saatnya disini kita untuk melakukan  konfigurasi waktunya , dari tab general kita beralih ke tab Exstara, disitu terlihat TIME, kita klik tanda panahnya hingga muncul form untuk konfigurasi

-Time kontak pertama isikan awal jam pemblokiran :19:00:00
-Teme kontak kedua isikan akhir jam pemblokiraan :23:59:00
 lalu kita konfigurasi  pada filter rule yang kedua :
-Time kontak pertama isikan awal jam pemblokiran:00:00:00
-Teme kontak kedua isikan akhir jam pemblokiraan:07:00
 Disitu juga option days :kita dapat memilih hari , kapan saja konfigurasi ini berlaku

8.Selanjutnya kita beranjak ke tab Action, pada tab action kita pilih drop
untuk kedua filter yang kita buat, kita pilih drop karena kita akan melakukan
pemblokiran terhadap jam yang terlah kita atur

9.Jika sudah selesai kaita Apply dan ok, silahkan uji coba pad sisi client



G.Kesimpulan
  Kesimpulan saya kali ini sebenarnya ada alternatif lain seperti schedule, tetapi kita harus juga tahu konfigurasi dari firewall.

Share this Post :

0 komentar: