Latest News :

Membangun komunikasi yang bik

Posted by at Rabu, 26 Juli 2017

Assalamu'alaikum wr.wb

selamat pagi kawan , postingan kali ini saya akkan berbagi artikel yang bertemakan "Komunikasi" , tidak dapat di pungkiri lagi , setiap hari kita harus berkomunikasi dengan orang lain,..
komunikasi  yanag baik akan menimbulkan kegiatan yang baik pula , lau apa itu bkomunikasi

pengertian
Komunikasi adalah "suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang ,kolompok ,organisasi,dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain".
Latar belakang
komunikasi merupakan kegiatan yang biasanya kita lakukan setiap hari sehingga perlu adanya pengetahuan berkomunikasi dengan bik.  

Alat dan bahan 
  • komputer/laptop
  • koneksi jaringan internet
Jangka waktu yang di perlukan
  • 3 jam
Hasil yang di harapkan 
  • Prinsip-prinsip komunikasi 
istilah prinsip oleh william B., Gudykunst disebut sebagai asumsi-asumsi komunikasi, Deddy mulyana,ph.D membuat istilah baru yaitu perinsip-prinsip komunikasi .
terdapat 12 prisip komunikasi  tapi disini hanya berberapa  beberapa saja yang saya cantumkan 
1.komunikasi adalah suatu proses simbolik 
komunikasi adalah suatu yanag bersifat dinamis,sirkular dan tidak berakhir        pada suatu titik  tetapi harus berkelanjutan  2 Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi
 Setiap orang tidak bebas nilai, pada saat orang tersebut tidak bermaksud         mengkomunikasikan sesuatu, tetapi dimaknai oleh orang lain maka          orangtersebut sudah terlibat dalam proses berkomunikasi. Gerak tubuh, ekspresi wajah (komunikasi non verbal) seseorang dapat dimaknai oleh orang lain menjadi suatu stimulus.
Prinsip 3 : Komunikasi punya dimensi isi dan hubungan
Setiap pesan komunikasi mempunyai dimensi isi dimana dari dimensi isi tersebut kita bisa memprediksi dimensi hubungan yang ada diantara pihak-pihak yang melakukan proses komunikasi. Percakapan diantara dua orang sahabat  dan antara dosen dan mahasiswa di kelas berbeda memiliki dimesi isi yang berbeda.
Prinsip 4 : Komunikasi itu berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan
Setiap tindakan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang bisa terjadi mulai dari tingkat kesengajaan yang rendah artinya tindakan komunikasi yang tidak direncanakan (apa saja yang akan dikatakan atau apa saja yang akan dilakukan secara rinci dan detail), sampai pada tindakan komunikasi yang betul-betul disengaja (pihak komunikan mengharapkan respon dan berharap tujuannya tercapai)
Prinsip 5 : Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktuPesan komunikasi yang dikirimkan oleh pihak komunikan baik secara verbal maupun non-verbal disesuaikan dengan tempat, dimana proses komunikasi itu berlangsung, kepada siapa pesan itu dikirimkan dan kapan komunikasi itu berlangsung

referensi
 ttps://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/prinsip-prinsip-komunikasi/

Share this Post :

0 komentar: