Latest News :

PROXMOX

Posted by at Senin, 31 Juli 2017



a. Pendahuluan
   1. Pengertian proxmox adalah 
            Proxmox VE (Virtual Environment) adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system.Proxmox berjalan dengan mode text, walaupun seperti itu Proxmox akan lebih mudah dikonfigurasi melalui akses remote dengan web based. Untuk sekarang Proxmox dengan release terbaru adalah Proxmox     VE 2.3 Proxmox support beberapa jenis platform virtualisasi seperti KVM dan OpenVZ. Dengan       berbasis distro Debian Stable dan menggunkan kernel khusus untuk virtualisasi menjadikan               Proxmox VE sebuah Bare Metal Virtualtation Platform yang power full.Bare Metal adalah sistem       komputer dimana mesin virtual dipasang langsung pada komputer dalam sistem operasi tanpa             diinstall terlebih dahulu aplikasi tertentu. Istilah Bare Metal mengacu pada hardisk.

Sejarah proxmox
          Pengembangan Proxmox VE dimulai ketika Dietmar dan Martir Maurer, dua pengembang Linux menemukan OpenVZ tidak mempunyai alat cadangan dan tidak ada GUI managemen. KVM tampil pada saat yang sama di Linux dan ditambahkan tidak lama setelah itu. Rilis publik pertama terjadi pada bulan April 2008 dan platfrom dengan cepat memperoleh traksi. Hal  tersebut merupakan salah satu dari platfrom yang menyediakan out-o-the-box dukungan untuk wadah dan virtualisasi penuh serta dikelola dengan GUI Web mirip dengan penawaran komersial.

Beberapa keuntungan menggunakan Proxmox sebagai berikut :
  1. Kinerja terbaik.
  2. Instalasi yang telah dioptimalkan, sehingga lebih cepat.
  3. Mudah dalam manajemen.
  4. Cocok untuk kelas Enterprise.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Proxmox tersedia hanya untuk hardware 64-bit.
  2. Pada Proses installasi proxmox akan menggunakan seluruh ruang storage yang ada, ini artinya Anda harus menyediakan 1 Server/Komputer dengan HDD khusus hanya untuk proxmox saja.
  3. Installer CD Proxmox hanya bisa diinstall di Single HDD, jadi bagi Anda yang menginginkan kemanan data dengan 2 HDD ( RAID1 ), Anda bisa memanfaatkan RAID Software, dengan mengkonfigurasinya setelah proses instalasi pada HDD pertama selesai.
  4. Proxmox juga dilengkapi dengan VNC Viewer sehingga jika Anda menginginkan virtualisai     dengan lingkungan Desktop seperti windows juga Xwindow linux.

    2. Latar belakang & batasan masalah
       ingin mempelajari server debian dan server-server yang lain.

    3. Maksud dan tujuan
                
  • Dapat mengerti apa itu Proxmox
  • Dapat mengetahui cara install Proxmox
  • Dapat menjalankan Proxmox
    4. Hasil yang di harapkan
Dapat melakukan dan memahami instalasi proxmox
b. Alat dan bahan

  1. Personal Computer (PC)
  2. Processor minimal Pentium 4, harus memiliki kemampuan 64 bit.
  3. Memory RAM minimal 1 GB
  4. Kapasitas harddisk minimal 20 GB
  5. Harus ada NIC (Network Interface Card) 
  6. Jika menggunakan mode full virtualization CPU harus memiliki model motherboard Intel VT (Virtualization Technology) atau AMD-V
  7. Software Proxmox dapat berupa dalam CD Installer/USB boota
c. Jangka waktu
    Menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam.

d. Proses & tahapan pekerjaan


  1. Sebelum melaksanakan instalasi alangkah lebih baiknya berdo'a terlebih dahulu agar diberi kelancaran oleh Allah SWT. (ucapkan basmalah dan baca surah al-fatihah yang paling utama).
  2. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan ketika instalasi proxmox nantinya.
  3. Jika belum memiliki Downoad Proxmox VE di https://www.proxmox.com/en/downloads/category/proxmox-virtual-environment
  4. Burning software kedalam CD atau menggunakan USB, namun kali ini saya akan menggunakan USB bootable dalam proses instalasi proxmox kami.
  5. Booting komputer menggunakan USB.
  6. Masuk ke BIOS kemudian atur media instalasi yang digunakan.



gmr 1. tampilan BIOS
7. Kemudian Exit dan Save untuk memulai proses instalasi.

gmr 2. tampilan BIOS
8. Langkah selanjutnya akan muncul halaman awal instalasi di monitor PC anda, kemudian tekan           ENTER untuk masuk ke langkah instalasi selanjutnya.

gmr 3. tampilan halaman awal intall proxmox
9. Kemudian pada langkah berikutnya pilih I Agree pada bagian lisensinya. Proxmox dirilis dalam         lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara free/bebas.

gmr 4. tampilan halaman lisensi proxmox
10. Setelah anda selesai memilih lisensi maka langkah berikutnya adalah memilih harddisk yang               nantinya akan digunakan sebagai sistem proxmox. Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa                     Proxmox ini akan secara otomatis memformat semua isi pada harddisk di PC anda dan kemudian       akan diisi dengan sistem. Maka saran saya jika terdapat data-data yang penting maka lebih                   baiknya di backup terlebih dahulu.

gmr 5. tampilan harddisk yang akan diformat secara otomatis
11. Setelah itu mengatur Location and Time selection (menentukan lokasi dan zona waktu) sistem             Proxmox VE. Karena saya tinggal di Indonesia maka saya mengisikan pada tab Caunttry dengan         Indonesia.

gmr 6. tampilan lokasi dan zona waktu 
12. Seperti sistem operasi Linux, Proxmox juga mewajibkan untuk pengguna menetapkan password.         Secara default sistem Proxmox memiliki user yang sama semua yaitu root. Selanjutnya isikan             E-mail yang nantinya akan digunakan untuk memonitoring sehingga semua bentuk informasi               akan di kirimkan ke E-mail tersebut yang anda isikan.
gmr 7. tampilan halaman administrator password dan e-mail
13. Di karenakan Proxmox dalam konfigurasinya pada umumnya menggunakan web based maka             dalam hal ini wajib alias fardu `ain untuk mengatur IP yang nantinya digunakan untuk remote             menggunakan web.

tampilan halaman network configuration
14. Setelah itu akan dilanjutkan dengan proses instalasi berjalan yang kurang lebihnya memakan               waktu sekitar 30 menitan.

tampilan proses instalasi telah sukses
15. Setelah proses instalasi selesai maka sistem pada proxmox akan meminta untuk di reboot.
16. Instalasi proxmox telah selesai dan sekarang dapat digunakan dengan menggunakan remote dari         web.


e. Hasil yang didapatkan
          Hasil yang saya dapatkan dalam instalasi proxmox ini adalah saya dapat mengetahui                       bagaimana cara dan tahapan untuk menginstall proxmox.
f. Temuan permasalahan 
          Masalah yang sempat kami hadapi ketika selesai menginstall Proxmox dan mengkonfigurasi         mikrotik untuk server kami untuk diremote adalah IP pada router tidak sesuai.


g. Kesimpulan yang didapatkan
          Kesimpulan menurut saya dalam installasi proxmox ini adalah kita harus tau untuk apa sih             proxmox ini kedepannya, dan pastikan bootable proxmox nya sudah bagus dan siap buat dijadikan     media installasi mengguanakan Flasdisk.

h. Referensi 
http://192.168.153.3/data/eBook%20TKJ/proxmox-cloud-computing-virtualisasi.pdf

Share this Post :

0 komentar: