Latest News :

TOPOLOGI JARINGAN

Posted by at Selasa, 25 Juli 2017

a. PENDAHULUAN
ASSALAMUALAIKUM WR WB

Bertemu lagi dengan saya,disini saya akan mengapdate tentang topologi jaringan.
Apa sih topologi jaringan?
Apa kegunaan topologi jaringan?

1. Pengertian
Topologi Jaringan Sebuah LAN dapat diimplementasikan dengan berbagai macam topologi. Topologi yang di maksud di sini merupakan struktur jaringan fisik yang digunakan untuk mengimplementasikan LAN tersebut. Topologi dasar yang bisa digunakan dalam jaringan komputer adalah:

  • Topologi Bus (Linear)
  • Topologi Ring (Cincin)
  • Topologi Star (Bintang)
  • Topologi Tree (Pohon)
  • Topologi Mesh (web)
2. Latar belakang
Ingin mengetahui pengertian,fungsi,dan kegunaan dari Topologi jaringan

3. Maksud dan tujuan
Agar saya paham tentang topologi jaringan ini dan saya bisa menjabarkan topolog jaringan ini
4. Hasil yang diharapkan
Harapan saya ingin memahami hal hal dari topologi jaringan dasar ini 

b. Alat dan bahan
  • Internet
  • Router
  • Swich
  • Server
  • Client
  • wiifi hotspot
  • tower
c. Jangka waktu
30 menit

d. Proses dan tahapan pekerjaan

Dari gambar diatas kita bisa mengetahui bahwa router bisa mendapatkan internet dari ISP.
  • Router dicabangkan pertama ke server proxmox. 
  • Kedua rotter terhubung ke client melalui swich jika tidak ada swich untuk menghubungkan ke client bisa bertabrakan nanti. Jadi gunanya ada swich itu agar bisa menghubungkan ke client yang banyak dan tidak bertabrakan. 
  • Yang ke tiga yaitu wifi hotspot (wirelles). Bisanya konek ke wirelles di setting dulu melalui pancaran yaitu tanpa kabel.
  • yang keempat yaitu ke tower. Router dihubungkan ke tower lalu tower memancarkan internetnya ke tower-tower lain dan bisa diakses oleh komputer,hp,dll.
Ini cocok di perusahaan,perkantoran, atau di lap komputer sekolah.
Karena konsep ini simple dan menguntungkan 
e. Hasil yang didapatkan
Hasil yang saya dapatkan dari topologi jaringan dasar ini adalah saya bisa mengetahui dan memahami tata cara penggunaan dari topologi dasar ini.
f. Temuan permasalahan
Masalah yang saya hadapi dari topologi  ini,saya masih bingung dengan cara mengkonekkan dari router ke cabang-cabangnya.
g. Referensi

Share this Post :

0 komentar: