Latest News :

Konfigurasi Bridge Interface Pada 2 Buah PC Server Dalam 1 Router Mikrotik

Posted by at Minggu, 12 November 2017


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana konfigurasi bridge dalam 1 buah router mikrotik apabila kita memiliki 2 buah PC Server bukan cuma saya aja sih saya di temani oleh teman saya yang berasal dari tuban (rangel)
  • LATAR BELAKANG
Pada saat saya melakukan PKL di BLC TELKOM KLATEN saya dibekali 2 buah PC Server dan 4 buah router mikrotik,dan salah satu router saya jadikan sebagai media antara 2 buah PC Server tersebut agar saling terhubung dalam 1 jaringan dan 3 router lainnya bisa digunakan untuk belajar.

  • MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuannya adalah untuk menghemat penggunaan router dan meminimalisir konfigurasi karena hanya menggunakan 1 buah router

  • JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Kurang lebih 15 menit tergantung pemahaman saat konfigurasi

  • ALAT DAN BAHAN
  1. LAPTOP/PC
  2. ROUTERBOARD MIKROTIK 1 BUAH
  3. PC SERVER 2 BUAH
  4. KABEL UTP 3 BUAH 
  • TAHAPAN PELAKSANAAN
Pertama,masuklah ke menu Bridge lalu pilih add(+)



Isikan Nama Interfacenya untuk memudahkan identifikasi


Lalu,pindah ke bagian port,dan masukkan interface mana saja yang akan digunakan pada bridge mode,dan pada bagian bridge,isikan nama interface yang sudah dibuat tadi


Jika sudah,pindahlah ke menu IP ==> Address kemudian pilih add(+) dan isikan IP gaetway yang sama milik 2 buah PC Router agar saling terkoneksi,dan pada bagian interfacenya pilih nama interface yang sudah dibuat pada menu bridge tadi


Pindahlah ke menu IP ===> DHCP server dan pilih DHCP Setup,kemudian buatlah DHCP server pada interface bridge


Nah,jika sudah,masuklah ke menu IP ===> Routes,pilih add(+) kemudian pada menu Dst.Address isikan IP network dan prefix milik server dan untuk gatewaynya isikan interface bridge tadi


Coba tes ping pada IP milik 2 buah server tersebut apabila tidak terjadi error maka telah berhasil membuka gerbang akses ke server


Lalu coba masuk ke salah satu server dan ping ke google,apabila ttl maka server sudah mendapatkan akses internet



  • KESIMPULAN
Jadi bila kita memiliki 2 buah PC server kita bisa mengkombinasikan 2 buah PC server tersebut dengan mode bridge

  • HASIL YANG DIDAPAT
Kita bisa menggabungkan 2 buah PC server agar saling terhubung dan meminimalisir penggunaan router agar tidak terjadi pemborosan


Sekian postingan saya wassalamualaikum wr. wb

Share this Post :

0 komentar: