Latest News :

Pengertian dan Kegunaan DNS (Domain Name Server)

Posted by at Rabu, 08 November 2017

Assalamu'mualikum Wr.Wb
selamat sore kawan, nah pada sore hari ini saya akan shering Tentang DNS apa sih DNS itu nah gimana cara kerja nya dan apa sih fungsinya ,, nah disini saya akan jelaskan apa itu DNS dan di DNS ini mempunyai banyak port..mari kita simak dan pahami..
Pengertian
DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.

Maksud & tujuan
Dapat memahami apa itu DNS (Domain Name Server)

B. Alat & Bahan
- Koneksi internet
- Pc /Laptop

C. Jangka waktu pelaksanaan
30 menit

D. Proses tahapan pekerjaan

Apa itu DNS ?
DNS (Domain Name Server) adalah suatu sistem untuk menyimpan informasi host atau domain di dalam sebuah jaringan. Atau bisa pula dibilang jika DNS adalah suatu sistem jaringan yang mampu menerjemahkan domain (nama situs) menjadi alamat internet. Yang dimaksud alamat internet disini adalah angka-angka alamat IP. Misalnya jika facebook.com memiliki alamat IP 69.63.181.11 maka jika kamu mengetik 69.63.181.11 di browser kamu maka dengan otomatis browser kamu akan menampilkan facebook.com pada alamat address nya.

Cara kerja DNS
Untuk memahami cara kerja DNS, mari kita buat contoh sederhana seperti sistem yang ada di Perumahan. Misalnya kamu ingin mengunjungi beberapa teman yang ada di perumahan tersebut. Lalu apa yang akan kamu lakukan? pastinya kamu akan menemui Satpam/Security dan memintanya menyebutkan nomor rumah dimana teman kamu menginap. Nah, untuk itu kamu perlu memberitahu nama teman kamu itu pada satpam. Dari sana satpam akan memberitahumu tentang nomor rumah teman kamu itu. Dari sini mari kita sedikit hubungkan dengan cara kerja DNS. Anggap saja kamu berperan sebagai Tamu, satpam sebagai server DNS, nama teman kamu sebagai domain, dan nomor rumah teman kamu sebagai alamat IP.

Jenis dan Fungsi DNS
  • A record , yaitu memetakan hostname ke IP address 32-bit (IPv4).
  • AAAA record , yaitu memetakan hostname ke IP address 128-bit (IPv6). catatan : ini bukan baterai vroh 😀
  • MX Record, ini memetakan domain ke mail exchange server.
  • CNAME Record, kalo yang ini membuat nama alias dari sebuah domain.
  • NS Record, memetakan domain kedalam satu daftar dari DNS Server.
Contoh Server DNS populer:
Google’s Public DNS: Raksasa internet yang satu ini juga memiliki layanan DNS gratis yang mampu menanggapi jutaan permintaan dalam satu waktu. Untuk mengkonfigurasinya, kamu bisa melakukan setting DNS : 8.8.8.8 atau 8.8.4.4 OpenDNS: adalah sebuah perusahaan swasta yang menyediakan server DNS gratis yang aman dan terpercaya. Untuk mengkonfigurasinya, kamu bisa melakukan setting DNS : 208.67.222.222 atau 208.67.220.220 

E. Temuan masalah  
Tidak ada

F. Kesimpulan yang didapat  

DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.

G. Referensi 

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domainhttp://aripratama.com/apa-itu-dns-fungsi-dan-jenisnya/http://cacingtekno.blogspot.co.id/2016/12/pengertian-fungsi-jenis-dari-dns.htmlhttps://www.bestariwebhost.com/mengenal-apa-itu-dns-domain-name-system/

Share this Post :

0 komentar: