Latest News :

Cara Redirect Situs Menggunakan Web Proxy Pada Mikrotik

Posted by at Minggu, 12 November 2017

  • PENDAHULUAN
Assalamualaikkum wr. wb

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana  cara meredirect situs yang sudah di blokir menuju ke situs lain menggunakan Web Proxy Pada Mikrotik

Apa itu redirect ?

Redirect adalah proses pengalihan sebuah program menuju ke program lainnya,misal pada website,ketika kita membuka website A maka akan dialihkan ke website B

  • LATAR BELAKANG
Apabila ada siswa di lab yang membuka situs yang kurang bermanfaat,maka bisa juga dialihkan ke situs edukasi

  • MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuannya adalah agar siswa yang membuka situs tidak bermanfaat bisa mengarah ke situs edukasi

  • JANGKA WAKTU
Kurang lebih 10 menit apabila web proxy sudah aktif

  • ALAT DAN BAHAN
  1. LAPTOP/PC
  2. ROUTERBOARD MIKROTIK
  3. KABEL UTP(Karena laptop saya yang akan saya gunakan untuk uji coba)

  • TAHAPAN PELAKSANAAN
Apabila web proxy sudah diaktifkan,maka langsung saja masuk ke menu IP ==> Web Proxy ==> Ke Menu settingan yang telah dibuat sebelumnya. Pada kasus kali ini,saya telah memblokir "www.dota2.com" dan akan saya alihkan ke situs "www.mikrotik.co.id" maka saya isikan "www.mikrotik.co.id" pada menu Redirect To,kemudian klik Apply

Kemudian uji coba menggunakan web browser. Ketikkan "www.dota2.com" pada kolom URL apabila mengarah ke www.mikrotik.co.id maka konfigurasi telah berhasil



  • KESIMPULAN
Dengan meredirect sebuah situs yang kurang bermanfaat,pelajar dapat menuju ke situs edukasi

  • HASIL YANG DIDAPAT
Pelajar tidak dapat mengakses situs yang kurang bermanfaat,namun dialihkan ke situs edukasi agar dapat belajar


Sekian postingan saya wassalamualaikum wr. wb

Share this Post :

0 komentar: